Tips Wisata Muslim, Berkunjung ke Masjid Agung Paris

by

PARIS – Siapa yang tidak kenal Kota Paris. Orang bilang tidak afdol ke Paris kalau belum ke menara Eiffel. Negara yang terkenal dengan menara Eiffel banyak di minati dan menjadi destinasi favorit wisatawan dunia, khususnya wisatawan muslim. Apa saja objek wisata yang sarat dengan khazanah Islam disana?

Paris merupakan ibukota Prancis, sekaligus menjadi kota terbesar di negara tersebut. Kota yang menjadi pusat region lle-de-France, dikenal juga dengan ‘region parisienne’ (Region Paris).

Dalam sejarah kota Paris sebelum menjadi ibukota Perancis, yaitu di abad ke-3 sebelum masehi Paris sudah terlebih dahulu menjadi kota yang dihuni oleh bangsa Celtic.

Secara letak geografis, Paris berada di wilayah utara – tengah Perancis yang dialiri oleh sungai Seine. Tercatat pada tahun 2015 penduduk Paris mencapai 10 juta jiwa. Paris terkenal dengan kota modern dan menjadi pusat mode dunia.

Selain itu, di kota tersebut terdapat banyak bangunan bergayakan klasik ‘Renaissance’, sehingga kota Paris menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan dari penjuru dunia.

Rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel memulai trip Wisata Muslim ke Eropa Barat selama 7 hari. Mulai tanggal 22 hingga 28 Juni 2018.

Menurut Direktur Utama Adinda Azzahra Group Priyadi Abadi, perjalanan wisata ke Eropa Barat ini selain melihat destinasi wisata di Eropa juga melihat beberapa destinasi khazanah Islam yang ada di Eropa Barat.

“Selama di Eropa Barat, selain mengunjungi destinasi wisata, kita juga mengunjungi Masjid terbesar di wilayah Eropa Barat, seperti Masjid Agung Paris,” ungkap Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) ini.

Menurut Priyadi, Masjid Agung Paris selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi destinasi wisata di kota Paris. Tak heran jika banyak wisatawan non muslim yang berkunjung ke masjid ini untuk melihat interior maupun eksterior dan sejarah masjid.

“Mereka yang ingin melihat lebih dekat interior eksterior dan sejarah masjid ini, untuk non muslim yang masuk harus membayar 3 Euro, sedangkan bagi muslim tidak perlu membayar alias gratis,” ujar pria yang juga Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium ini.

Kegiatan di Masjid Agung Paris ini juga cukup beragam, biasanya umat Islam di Paris menggunakannya untuk kegiatan pengajian, belajar bahasa Arab dan kajian Islam lainnya.

Namun sayang, tambah Priyadi, masjid ini cukup memprihatinkan karena minimnya perawatan. Misalnya saja, ada beberapa pancuran airnya tidak menyala dan beberapa kolam tanpa air. Minimnya perawatan ini bisa jadi karena dana masjidnya minim.

“Maka dari itu, saya menghimbau kepada para peserta yang mempunyai kelapangan rezeki dan ingin memberikan donasi atau infak untuk masjid ini bisa diberikan pada kotak-kotak donasi yang tersedia,” tuturnya.

Tak hanya di Paris, saat rombongan menuju Amsterdam, rombongan terlebih dahulu berkunjung ke Brussels untuk shalat di Islamic Center Brussels. “Kita mengenalkan khazanah Islam yang ada di Eropa Barat, ternyata luar biasa,” tutur Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia).

Priyadi mengajak umat Islam yang ada di Indonesia untuk lebih mengenal khazanah Islam di negara-negara Eropa. Khazanah Islam tidak hanya di wilayah Timur Tengah, Eropa pun sarat dengan sejarah Islam.

Berikut Rute Perjalanan selama 7 hari ke Eropa Barat:

JAKARTA – PARIS

2 jam sebelum keberangkatan, peserta sudah berada di Soekarno-Hatta Airport untuk persiapan penerbangan menuju Paris. Anda akan beristirahat dipesawat hingga kedatangan esok hari. (MOB)

PARIS KEDATANGAN

Setibanya di Paris Chales De Gaulle Airport, kita akan mengeksplor Kota Paris, yaitu photo stop (dari luar) di Champs Elysees, Arc du Triomphe, Place de la Concorde, Louvre Museum, dan Eiffel Tower (bila memungkinkan). Kemudian mengunjungi Grande Mosque (Masjid Agung Paris), yaitu Masjid terbesar di Wilayah Eropa Barat. Selanjutnya kita akan mengarungi sungai Seine menyaksikan berbagai icon Kota Paris dengan “Bateaux Cruise” (BONUS). Kemudian Peserta diantar ke hotel untuk bermalam/beristirahat. (MOB, MS, MM)

SHOPPING TOUR PARIS

Pagi harinya, para peserta akan mengunjungi Eiffel Tower (bila situasi memungkinkan) sekaligus untuk melihat keindahan kota Paris dari lantai 2 serta berbelanja produk khas Kota Paris di Duty Free. Jika waktu memungkinkan, peserta tour akan singgah di Galeries Lafayette. Setelah itu kembali ke hotel untuk beristirahat (MP, MS, MM)

PARIS – BRUSSELS – AMSTERDAM

Perjalanan hari ini adalah menuju Amsterdam. Ditengah perjalanan kita akan singgah di Brussels untuk mengunjungi Manneken Pis, Royal Palace, Town Hall serta photo stop di Atomium dan sholat di Islamic Centre Brussels. Setelahnya kita akan melanjutkan perjalanan ke Amsterdam. (MP, MS, MM)

AMSTERDAM – VOLENDAM – AMSTERDAM

Sesampainya di Negeri Belanda, perjalanan wisata kita akan dimulai ke Volendam. Di kota ini Anda dapat berbelanja souvenir clogs (sepatu tradisional Belanda), Keju, serta berfoto dengan mengenakan pakaian tradisional nelayan Belanda (dengan tambahan biaya sendiri). Selanjutnya kembali ke Amsterdam untuk mengikuti dan juga menikmati keindahan kota Amsterdam menggunakan Canal Cruise serta mengunjungi salah satu Pabrik Pengasahan Berlian terkenal di Dunia. Jika masih ada waktu, acara bebas di sekitar Dam Square sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat. (MP, MS, MM)

AMSTERDAM – JAKARTA

Setelah sarapan pagi, acara bebas disekitar hotel, hingga tiba saatnya kita diantar menuju Airport untuk kembali ke Tanah Air Indonesia, meninggalkan Benua Eropa dengan sejuta kenangan indah. Peserta akan beristirahat di pesawat hingga sampai di Bandara Soekarno-Hatta keesokan-harinya. (MP, MOB)

JAKARTA KEDATANGAN

Insya Allah sore harinya kita akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Ahmad Zuhdi