Usamah Hisyam Luncurkan Buku Antropologi Dakwah

by

Kabarsahih.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Usamah Hisyam meluncurkan buku Antropologi Dakwah. Acara ini dirangkai dengan miladnya yang ke 55, tarhib Ramadhan dan silaturahim tokoh-tokoh Islam.

Acara ini berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Senin (14/5). Hadir dalam acara yang berlangsung meriah itu antara lain : Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Majelis Syuro FPI KH. Misbachul Anam, Ketua Lembaga Dakwah Parmusi KH. Syuhada Bahri, Wakil Ketua Umum FPI KH Jakfar Sodik, Ketua Umum GNPF Ulama Ustadz Muhammad Yusuf Martak dan ustadz-ustadz muda lainnya.

Usamah menjelaskan bahwa buku Antropologi Dakwah (Pemikiran Tokoh Dakwah) ini merupakan kumpulan makalah mahasiswa Magister Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mantan politisi PPP ini menjelaskan bahwa buku ini awalnya merupakan makalah yang lolos sebagai syarat pembuatan tesis. Makalah itu kemudian ia kumpulkan dan menjadilah sebuah buku. Ia juga menyatakan bahwa dengan bersekolah lagi, ia berharap dapat memadukan teori dan praktik. Selama ini dirinya merupakan praktisi, baik sebagai wartawan maupun dai.

“Saya ingin sampai doktor. Nanti setelah pensiun saya ingin menulis buku-buku tentang dakwah. Kalau sudah doktor kan laku, kalau masih doktorandus siapa yang mau baca,” candanya.

Buku Antropologi Dakwah (326 halaman) ini, antara lain bertema : Mosi Integral, Manifesto Pemikiran Politik Dakwah Mohammad Natsir (Usamah Hisyam), KH Saleh Darat Dalam Perspektif Antropologi Linguistik (M Hilmi Muharrom), Syekh Nawawi Al Bantani : Pendekatan Antropologi Pendidikan (Ahmad Egits Giatsudint), Pemikiran Syekh Khalil Bangkalan dalam Pendekatan Antropologi Dakwah (Holisah), Pemikiran dan Aktivitas Dakwah KH Hasyim Asyari : Sebuah Pendekatan Antropologi Pendidikan Islam (M Najmuddin Hazbullah) dan lain-lain.
Usamah yang juga CEO Dharmapena Group ini mempunyai beberapa perusahaan. Selain bergerak di bidang konsultansi dalam bendera CMarcomm, Dharmapena Group juga bergerak di bidang media dan penerbitan. Saat ini, secara reguler setiap bulan, Dharmapena menerbitkan Majalah Men’s Obsession dan Women’s Obsession. Juga memiliki dua media online, yakni ObsessionNews.com dan MuslimObsession.com.

Dharmapena juga telah menerbitkan banyak buku, utamanya buku-buku biografi dan pemikiran para tokoh nasional. Sejumlah buku yang telah diterbitkan adalah biografi Panglima ABRI Jenderal TNI Feisal Tanjung (1998), Jaksa Agung Andi M. Ghalib (1999), Editorial Surya Paloh (2001), Kapolri Jenderal Pol Suroyo Bimantoro (2002), Panglima TNI Laksamana TNI Widodo AS (2003), Menko Polkam Susilo Bambang Yudhoyono ‘Sang Demokrat’ (2004), Menkominfo Tifatul Sembiring (2012), dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ‘Sang Ideolog’ (2014).

Tak hanya buku-buku biografi, Dharmapena juga menerbitkan buku-buku bergenre sejarah dan keislaman, seperti Cinta, Doa, dan Ridha Ibunda (2016), Himda Muhammad dalam Konflik Agama dan Bangsa (2017), serta buku-buku lainnya. Ii

Izzadina